Tingkatkan Nalar Kritis Mahasiswa, HMJ-PBS UIN Alauddin Gelar Program Islamic Banking School

KAMPUS, SABDATA.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah (HMJ-PBS) Sukses menjalankan salah satu program kerjanya yaitu Islamic Banking School (IBS), Samata, kabupaten Gowa, Minggu (19/5/2024).

Islamic Banking School merupakan bentuk insiatif yang diberikan oleh HMJ-PBS dalam memperdalam dan meningkatkan nalar kritis mahasiswa jurusan perbankan syariah. Sesuai dengan tema yang diusung pada kegiatan ini yaitu “Restorasi Kesadaran Literasi Melalui Wisata Intelektual Dalam Membangun Jembatan Ilmu dan Persaudaraan”

Sehingga kegiatan ini berorientasi pada pembahasan isu yang berkaitan dengan studi kasus perbankan syariah itu sendiri.

Pada kesempatan ini untuk memberikan daya Tarik bagi peserta kegiatan, HMJ-PBS mengadakan Islamic Banking School pada Pantai Anging Mamiri untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan disertai dengan wisata intelektual melalui rangkaian kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 18 dan 19 April 2024.

Dalam pembukaan kegiatan Islamic Banking School, Ketua Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam hal ini Yahya Nur ikut memberikan sambutan-sambutan.

Ketua Umum HMJ Perbankan Syariah Aidil Kurniawan menyampaikan “Sekolah tidak selamanya harus berupa sekolah, dalam artian tidak selamanya dalam menuntut ilmu kita perlu untuk duduk di bangku perkuliahan akan tetapi kita dapat memanfaatkan berbagai kondisi dan ruang untuk meningkatkan ilmu serta wawasan kita," terangnya.

Baca juga: Sasar Panti Asuhan, HMJ Perbankan Syariah UIN Alauddin Sukses Gelar Proker Hidayah

Selain itu pada kesempatan ini Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ikut andil dalam membuka acara ini, yang diwakili oleh Nurul Ifhadayanti Bangsawan.

Tidak lupa juga apa yang menjadi harapan dalam pembukaan acara ini yaitu diarapkan dalam setiap rangkaian kegiatan kedepannya pada acara ini peserta dapat memanfaatkan setiap kesempatan guna meningkatkan pemahaman dan wawasan terlebih di luar bangku perkuliahan.

Selama dua hari, rangkaian kegiatan yang dilakukan dimulai dari pembahasan materi yang dibawakan langsung oleh Fachrul Mahesa Putra selaku Demisioner Ketua Bidang Hubungan Masyarakat HMJ-PBS dengan tema “Implikasi Pertumbuhan Perbankan Syariah di Indonesia Terhadap Persaingan Kerja di Masa Depan” melalui tema ini yang dijelaskan langsung oleh pembicara.

“Dengan adanya pembahasan isu ini bertujuan agar peserta mengembangkan nalar kritis mereka dalam mempertanyakan dan mengkritik terkait implikasi pertumbungan perbankan syariah terhadap persaingan kerja di masa yang akan datang” ungkap Ketua Panitia Islamic Banking School Trizah Ayu Putri Maharani.

Selain itu, agenda selanjutnya adalah Focus Group Discussion dimana peserta akan dibagi perkelompok dan mendapatkan konsep yang akan diriset tiap kelompok, hal ini tidak terlepas dari upaya kita dalam mengembangkan isu yang telah dibahas sebelumnya oleh pembicara guna memahamkan peserta melalui studi kasus yang berkaitan dengan isu tersebut yang kemudian akan dibahas oleh tiap kelompok melalui Focus Group Discussion ini.

Untuk memberikan suasana yang menarik perhatian peserta, panitia Islamic Banking School membuat api unggun yang kemudian dirangkaikan dengan Panggung Bebas Ekspresi guna mempererat kebersamaan peserta yang kemudian dapat mengembangkan loyalitasnya.




Citizen: Raihan Khan

Posting Komentar

0 Komentar